27 January 2017

Kelihatan Sepele Ternyata Begini Manfaat Bermain Balok

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Salam Edukasi PAUD Indonesia

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah, masa penuh kebahagiaan. Pada masa itu kita tiada hari tanpa bermain dan bermain adalah kebutuhan bagi anak-anak. Dengan bermain anak mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Bermain adalah segala kegiatan yang dilakukan dengan senang.

Salah satu kegiatan bermain yang sukai anak-anak adalah bermain balok, balok disusun sedemikian rupa menjadi sesuatu yang bermakna. Dapat berbentuk rumah, perahu, meja, kursi dan lain-lain tergantung kreatifitas anak yang memainkannya. Sehingga bermain balok dapat memberikan banyak manfaat bagi pemainnya.

Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh Oktaviani dewi dengan menggunakan metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK) menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan dengan penerapan metode bermain berbantuan media balok cruissenaire pada siklus I sebesar 68,00% dan pada siklus II sebesar 84,66%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 16,66% yang berada pada kriteria tinggi. 

Senada dengan penelitian diatas, Fauziddin juga mendapatkan data yang sama dalam penggunaan bermain balok dalam meningkatkan kretativitas anak usia dini.Hasil penelitian menggambarkan bahwa belajar melalui bermain balok unit berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Khodijah Al Kubro bangkinang Kota Kabupaten. Hal ini digambarkan pada kelompok eksperimen yang diberi perlakuan dan pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan.

Dan masih banyak lagi penelitian yang berkaitan dengan manfaat bermain balok pada anak usia dini. Berikut ini saya berikan contoh permainan balok yang bisa diterapkan di PAUD

Bermain Balok dengan Memanfaatkan Kardus bekas Susu
Bahan balok yang digunakan dalam bermain balok beranega ragam, bahan yang paling populer adalah dari bahan kayu dan plastik yang dapat dibeli di toko mainan dan produsen pembuat balok. 

Bagi Lembaga PAUD yang mempunyai keterbatasan biaya, banyak alternatif yang bisa digunakan untuk bermain balok. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan kardus bekas susu atau minuman mineral yang banyak di konsumsi oleh anak-anak. tidak perlu mengeluarkan biaya, anak-anak diminta membawa masing-masing satu atau dua kardus bekas untuk dapat digunakan bermain balok.

Mereka dapat bekerjasama dengan teman-temannya memadukan balok yang dimilikinya menjadi sesautu benda yang bermakna. Bisa menjadi rumah, meja, kursi dan lain-lain sesuai dengan imajinasi anak-anak. Dengan demikian bermain balok dapat melatih kreativitas anak, kerjasama anak, gotong royong saling membantu, dan yang tidak kalah pentingnya adalah sikap saling menghargai yang terbentuk saat bermain balok secara berkelompok.

Berikut ini salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan di PAUD dengan menggunakan bahas kardus bekas susu atau air mineral.

Nama Kegiatan : 
Bermain Balok dan Mengkreasikan Balok dari bahan bekas Kardus Susu Menjadi Mainan Sederhana (BUS)

Tema
Alat Transportasi  

Sub Tema
Kendaraan Darat (BUS)

Media yang digunakan
  1. Kotak Susu Bekas. Sebelum digunakan pastikan tidak ada lagi sisa susu yang menempel pada kardus susu. Caranya bisa dengan membersihkannya dengan tisu. Ajak anak-anak ikut terlibat membersihkannya.
  2. Lem kertas. Digunakan untuk menempelkan kertas pada kotak susu bekas
  3. Kertas lipat. Berguna memberikan hiasan dan warna pada kota bekas
  4. Gunting. Digunakan untuk membentuk kertas
  5. Kardus bentuk bulat. Digunakan untuk ban kendaraan
Cara Pembuatan
  1. Hias, Tempel kardus bekas susu dengan kertas lipat bentuk persegi untuk jendela samping dan depan
  2. Tempelkan 4 buah kardus bulat untuk bus
  3. Hias sesuai dengan kreatifitas masing-masing anak
Aspek yang dikembangkan
  1. Norma Agama dan Moral (NAM) Menanamkan rasa syukur kepada Alloh karena manusia diberikan akal dan ilmu, diantaranya dapat menciptakan kendaraan. Dalam hal ini mainan BUS dari bahan kardus bekas susu.
  2. Fisik Motorik : Melatih motorik anak, ketika menggunting pola segitiga, lingkaran dan menempelkannya pada tempat yang tepat. dapat juga diciptakan permainan keseimbangan. Anak diminta meletakkan kardus bekas susu yang sudah jadi mainan Bus, diletakkan diatas kepala kemudian berjalan dengan ketentuan mainan bus nya tidak boleh jatuh. Hal ini dilakukan untuk melatih motorik halus anak.
  3. Kognitif : Mengenal jenis kendaraan, dalam kegiatan ini mengenal Bus. Mengenal bentuk kotak, segitiga, dan lingkaran.
  4. Bahasa : Memahami bahasa representatif dengan membaca dan mendengarkan serta menyimak cerita mengenai Bus.
  5. Sosial Emosional (SOSEM) Melatih kerjasama dan kekompakan dalam membuat mainan Bus dari bahan kardus bekas susu
  6. Seni : Membuat prakarya mainan Bus, dengan menggunakan kardus bekas susu, dan menghiasnya sesuai dengan kreativitas anak.
Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat. Amin

Wassalamualaikum warohmatullohi Wabarokatuh


Referensi 
Fauziddin, M., 2017. PENERAPAN BELAJAR MELALUI BERMAIN BALOK UNIT UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Curricula, 1(3). Available at: http://dx.doi.org/10.22216/JCC.2016.v2i3.1277.
Ni Made Oktiana Dewi, I Nyoman Wirya, N.M.A., 2014. PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA BALOK. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

2 comments

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon