13 January 2017

Tutorial Agar Artikel Jurnal Diterima Jurnal Online Nasional

Trik membuat artikel Jurnal
Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam edukasi PAUD Indonesia, Postingan ini diilhami dari pengalaman saya dalam mengirimkan artikel jurnal bidang PAUD yang saya kirimkan ke salah  satu jurnal online nasional di Indonesia.  Awalnya, saya mengirimkan tulisan jurnal saya sesuai dengan pengetahuan saya dalam pembuatan artikel jurnal, yang masih jauh dari standar penulisan artikel yang benar.

Artikel jurnal saya kirim degan disertai rasa pesimis dan tidak berharap banyak bisa lolos pada jurnal online nasional. Satu bulan setelah pengiriman barulah mendapat balasan dari editor, bahwa artikel jurnal saya sudah direview dan setelah saya download hasil review hasilnya luar biasa, banyak banget yang harus saya benahi mulai dari atas sampai bawah, hampir tidak ada celah dalam artikel yangsaya tulis. (Semuanya salah total)

Beberapa setelah melihat hasil review itu, saya berpikir untuk tidak melanjutkan. Namun saya pikir kalau saya tidak memulai, kapan lagi saya bisa menulis artikel jurnal. Akhirnya saya bertekad menyisihkan waktu untuk fokus menyelsaikan revisi artikel jurnal saya.

Hari ahad pas libur ngampus, saya buka laptop mulai pagi-pagi membaca detail dari seluruh revisian yang telah diberikan oleh rewiewer. Ada beberapa item penting yang saat saya mengirim artikel jurnal, belum saya ketahui secara detail yaitu ;

Pertama, Membaca ketentuan artikel jurnal pada jurnal online tersebut. Setiap jurnal memiliki ketentuan masing-masing yang telah dibuat oleh pengelolanya dan bisa jadi setiap jurnal memiliki ketentuan yang berbeda, baik dalam segi format penulisa, urutan pembahasan dan lain-lain. Biasanya setiap jurnal mempunyai template yang didajikan standar penulisannya.

Kedua, Menyesuaikan artikel jurnal kita sesuai dengan ketentuan yang ada, jangan sampai ada yang terlewat. diantara ketentuan standar pada penulisa artikel jurnal adalah ; 1) menggunakan aplikasi kutipan otomatis (mendeley, atau kutipan otomatis bawaan MS Word), 2) mengutip 2 atau lebih dari artikel jurnal pada jurnal online tersebut. 3) Menyesuiakan format penulisan dengan template yang telah disediakan.

Ketiga, Setelah semua dirasa cukup, kirim kembali artikel jurnal yang sudah direvisi pada tempat yang telah disediakan oleh Jurnal Online tersebut.

Setelah menunggu beberapa hari, proses review lanjutan, dan editing, akhirnya artikel jurnal saya dapat terbit. Betapa senangnya jerih payah sehari full mereview artikel jurnal tidak sia-sia.

Dibawah ini saya sediakan template salah satu Jurnal Online Nasional Kopertis Wilayah 10 Padang yang bisa di download disini

Demikian semoga bermanfaat, Amin

wassalamualaikum. Wr. Wb.

2 comments

Menggunakan pengutipan otomatis dengan mendeley ternyata sangat memudahkan kita dalam membuat artikel jurnal..
Awalnya mungkin sulit, tetapi setelah beberapa kali menggunakan dan memahami featur yang disediakan, mendeley sangat membantu...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


EmoticonEmoticon