12 January 2017

Pentingnya PAUD Terhadap Masa Depan

Logo Blog Edukasi PAUD Indonesia

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Salam Edukasi PAUD Indonesia, kali ini saya akan membahas mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini bagi masa depan anak. banyak ditemukan hasil penelitian mengenai pendidikan anak usia dini yang memberikan hasil, bahwa pendidkan pada anak usia dini berpengaruh signifikan terhadap kehidupan seseorang pada masa dewasanya.

Pendidikan bagi anak usia dini, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, merupakan salah satu jenjang pendidikan yang mendapatkan perhatian dari pemerintah, disamping orang tua sebagai pihak yang berkewajiban memberikan pendidikan pada anak usia dini.

Masa Golden Age

Para ahli pendidikan sepakat, bahwa pada masa usia dini seluruh aspek perkembangan manusia berkembangan secara maksimal. Termasuk diantaranya perkembangan otak, yang berkembangan pesat pada usia 3-4 tahun, atau yang lebih dikenal dengan masa Golde Age. Pada masa inilah seharusnya anak mendapatkan perhatian dari orang dewasa, agar perkembangan otaknya dapat berkembangan optimal.

Berdasarkan hasil riset otak mutakhir, perkembangan otak 95 persen terjadi pada usia dini, yaitu di bawah umur 7 tahun. Dan masa 3 tahun pertama adalah saat membangun pondasi struktur otak yang akan berdampak permanen. Jaringan komunikasi antar sel terbentuk karena adanya rangsangan (stimulasi) dari luar. Semakin kaya pengalaman dan rangsangan, semakin kompleks jaringan sel otak. Ketika anak tertarik pada sesuatu dan mempelajarinya, semakin kompleks jaringan sel otak (Anggani, 2000:97).

Peran Orang Tua  

Peran orang tua sangat penting dalam upaya mengoptimalkan perkembangan kecerdasan anak, dengan cara memberikan stimulus-stimulus kepada anak. Stimulus yang diberikan akan mendapatkan respon dan respon itulah yang membuat kecerdasan anak berkembang. Dengan kata lain optimalnya perkembangan anak tergantung pada stimulus yang diberikan oleh orang tua atau orang yang berada disekitarnya.

Faktanya tidak semua orang tua mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam memberikan stimulus kepada anak, sehingga dibutuhkanlah guru PAUD dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimilikinya dapat memberikan penanganan yang baik.

Perkembangan kecerdasan anak, berpengaruh juga terhadap kreativitasnya. Masing-masing anak mempunyai modal kreativitas dalam dirinya, guru hanya perlu menyediakan sarana dan prasarana untuk menyalurkan seluruh potensi anak tersebut. Ransangan dapat diberikan dengan cara memberikan kesempatan pada anak untuk menjadi kreatif. Biarkan anak dengan bebas melakukan, memegang, menggambar, membentuk maupun membuat dengan caranya sendiri. Munculkan daya kreatifitas anak dengan membiarkan anak menuangkan imajinasinya. Ketika anak mengembangkan keterampilan kreatif, maka anak tersebut juga dapat menghasilkan ide-ide yang inovatif dan jalan keluar dalam menyelesaikan masalah serta meningkatkan kemampuan dalam mengingat sesuatu.

Pentingnya PAUD Terhadap Masa Depan 

Kecerdasan dan kreativitas anak berkembang lebih optimal jika ditangani oleh orang-orang yang berkompeten dalam bidang tersebut. Salah satu tempat yang sudah disediakan baik oleh pemerintah maupun swadaya masyarakat adalah pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (LPAUD).

Tenaga pada LPAUD dibimbing dan dibina, agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi orang tua yang tidak cukup menguasai cara-cara mengoptimalkan berbagai aspek perkembangan anak usia dini. pada LPAUD lah anak dikembangkan semua aspek perkembangannya sesuai dengan metode, strategi, tehnik yang sesuai dengan tahap perkembangannya.

Pertumbuhan dan perkembangan anak pada usia dini, sangat menentukan derajat kualitas manusia pada tahap berikutnya.(Martinis, 2004). Sehingga masa depan anak banyak tergantung kepada optimal dan tidaknya pertumbuhan dan perkembangannya.

Dengan demikian, dapat disumpulkan bahwa pendidikan pada anak usia dini sangat penting, karena berpengaruh terhadap masa depannya.

Demikian, semoga bermanfaat, Amin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Referensi
Sudono, Anggani. 2000. Sumber belajar dan Alat Permainan (untuk Anak Usia Dini). Bandung: Grasindo

Nurhayati, A. 2014. PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DENGAN BEREKSPLORASI MELALUI KORAN BEKAS DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 2 DURI. Jurnal Pesona PAUD. Volume 1 Nomor 1

Martinis. 2004. PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MELUKIS MENGGUNAKAN SIKAT GIGI TAMAN KANAK-KANAK PADANG. Jurnal Pesona PAUD. Volume 1 Nomor 1

This Is The Oldest Page

2 comments

Terima kasih artikelnya menginspirasi


EmoticonEmoticon